BERAMU: Mathematics Recovery Learning Siswa SMP di Kabupaten Tana Tidung

Authors

  • Jero B. Darmayasa Universitas Borneo Tarakan
  • Rustam E. Simamora Universitas Borneo Tarakan
  • Enditiyas Pratiwi Universitas Borneo Tarakan
  • A. Wilda Indra Nanna Universitas Borneo Tarakan
  • Mardyanto Barumbun Universitas Borneo Tarakan
  • Suciati Universitas Borneo Tarakan
  • Ika Noviantari Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.46870/jam.v4i1.507

Keywords:

Asesmen Diagnostik, BERAMU, Numerasi, Recovery Learning, Siswa

Abstract

Hasil Wawancara dan Diskusi dengan Kepala Seksi Kurikulum, Bidang Pendidikan Dasar DInas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung sejak tanggal 23 Pebruari 2021 s.d 03 Maret 2021 memperoleh gambaran adanya 4 langkah nyata yang sedang dilaksanakan dan disiapkan untuk Pemulihan Pembelajaran (Recovery Learning) siswa SD dan SMP. Dari 4 (empat) program terssebut, salah satunya adalah Assesmen Diagnostik. Untuk melakukan Assesmen Diagnostik, Disdik KTT memerlukan instrument, salah satunya adalah Instrumen Numerasi Dasar untuk Siswa SMP. Memperhatikan hal itu, maka berdasarkan hasil diskusi pada hari Rabu, 3 Maret 2021, diputuskan untuk melaksanakan kolaborasi yang kita sepakati diberi nama BERAMU: Math Recovery Learning Siswa SMP KTT. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan Pendidikan bagi siswa SMP dan meningkatkan peran Civitas akademi FKIP UBT dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Muaranya adalah meminimalisir dampak Covid-19 pasca pandemic, baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Oleh karena itu, melalui PKM ini, telah disusun paket soal Asesmen Diagnostik Matematika untuk siswa SMP yang telah diserahkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung dan Kepala SMP N 3 Tana Tidung.

Downloads

Published

20-06-2025