Penerapan Prinsip Manajemen Dakwah dalam Meningkatkan Kualitas Muhadhoroh di Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an dan Hadist Al Faiz
DOI:
https://doi.org/10.46870/jstain.v7i1.1724Keywords:
Manajemen Dakwah, Muhadhoroh, Pondok PesantrenAbstract
Muhadhoroh merupakan kegiatan latihan pidato atau ceramah yang berfungsi sebagai media pelatihan dakwah bagi santri, sehingga kualitas pelaksanaan muhadhoroh sangat berpengaruh terhadap kemampuan santri dalam menyampaikan dakwah secara efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji penerapan prinsip manajemen dakwah dalam meningkatkan kualitas muhadhoroh di Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an dan Hadist Al-Faiz. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi setiap prinsip manajemen dakwah diterapkan dan dampaknya terhadap peningkatan kualitas muhadhoroh. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kegiatan muhadhoroh yang dilaksanakan secara rutin setiap minggu telah dirancang dengan sistematis, terstruktur dan mengacu pada empat prinsip manajemen dakwah yaitu amar ma’ruf nahi mungkar, keseimbangan antara dunia dan akhirat, akhlakul karimah dan efisiensi. Dengan menerapkan prinsip tersebut, santri mampu memahami dan mengaplikasikannya dengan baik dan menjadi lebih terarah dalam menyampaikan pesan dakwah, bersikap sopan, mengedepankan nilai-nilai kebaikan, serta mampu menyampaikan ceramah secara efektif dan bertanggung jawab sesuai dengan tujuan dakwah Islam.
Downloads
References
Abdul Wahab, K. S. (2024). Implementasi Public Speaking dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Santri pada Kegiatan Muhadhoroh di Pondok esantren Wasilatul Huda. Islamic Broadcast Communication, 474.
Al-Bayanuni, M. A.-F. (2021). Pengantar Studi Ilmu Dakwah. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.
Alhaddad, M. R. (2018). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Raudhah: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 63.
Ayunda Puspitasari, M. d. (2024). Muhadhoroh Sebagai Training Public Speaking dalam Meningkatkan Self-Confidence Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1277.
Budianti, M. N. (2017). Penerapan Prinsip Manajemen Dakwah dalam Sosialisasi BMTAL-Muawanah IAIN Bengkulu di Dusun Sumber Rejo Desa Lokasi Baruu Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma. 84.
Doni Sapitra, A. P. (2024). Manajemen Muhadhoroh untuk Meningkatkan Kualitas Santri dalam Berdakwah di Pondok Pesantren Modern Al-Hidayah Kota Jambi. Qaulan Baligha, 21.
Encung, l. M. (2023). Akhlakul Karimah Rasulullah SAW dalam Bermu'amalah Ma'a Al-Nas Menurut M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah. Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 34.
Erfan Dwi Santoso, R. A. (2021). Strategi Ekstrakurikuler Muhadhoroh dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa MI. Naturalistic, Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan Pembelajaran, 1033-1034.
Fahham, A. M. (2015). Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter dan Perlindungan Anak. Jakarta: Publica Institute Jakarta.
Firdatul Hasanah, A. A. (2023). Kegiatan Muhadhoroh dalam Mengembangkan Kreativitas Musabaqoh Syarhil Qur'an (MSQ) Pondok Putri Raudatul Hasaniyah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan , 44.
Gufron, H. d. (2020). Konsep Amar Makruf Nahi Mungkar dalam Al-Qur'an Perspective Mufassirin dan Fuqaha. Al 'Adalah, 1.
Habibia Adama, N. M. (2022). Muhadhoroh untuk Meningkatkan Kemampuan Kalam Santri PP Nurul Hakim Kediri Lombok Barat. Jurnal An-Nasyr, 126.
Hasanah, U. (2020). Manajemen Dakwah. Madura: Kaff Publishing.
Ilaihi, M. M. (2021). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.
Intan Asyikin Rantikasari, U. R. (2023). Pembentukan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Komunikasi Verbal Edukatif. Jurnal Obesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6366.
Khairan Muhammad Arif, A. L. (2022). Urgensi Manajemen dalam Dakwah. Tahdzib Al-Akhlaq, 38-39.
Khairan Muhammad Arif, A. L. (2022). Urgensi Manajemen dalam Dakwah. Tanzhib Al-Akhlaq, 38.
Mahmuddin. (2018). Manajemen Dakwah. Jawa Timur: Wade Group.
Mar'atus Sholihah, N. N. (2024). Keseimbangan Hidup Dunia dan Akhirat (QS. Al-A'la: 14-19, QS. Qashas: 77, QS. Ali IMran: 148). Islamika, 52, 54.
Mas'ud, I. (2018). The Miracle of Amar Ma'ruf Nahi Mungkar. Yogyakarta: Laksamana.
Muhammad Jundullah, T. N. (2022). Pembinaan Karakter Santri Melalui Latihan Pidato (Muhadhoroh) di Pondok Pesantren Modern Darussalam Bekasi. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 519.
Muhammad Rizal Pahleviannur, A. D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. CV Pradina Pustaka Grup.
Muhammad Yunan Yusuf, W. I. (2021). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.
Nurlala Qomariah, N. (2025). Evaluasi Program Muhadhoroh di MTs Pondok Pesantren Hidayatullah Medan. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 381.
Quratun Ayuni Yuyun, M. B. (2023). Penguatan akhlak Melalui Kegiatan Muhadhoroh di Pondok Pesantren Entrepreneur Muhammadiyah. Al-Thariqah, 213.
Shufi Alfiani Hafli, A. A. (2022). Peran Pondok Pesantren Al-Ittihad dalam Meningkatkan Kualitas Berpidato Santri Pondok Pesantren Al-Ittihad. 135-136.
Syaiful Amri, H. E. (2022). Pengantar Ilmu Manajemen. Nusa Tenggara Barat: Seval Literindo.
Wijayanto, D. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AL-MUTSLA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.